Monday, February 6, 2017

enkulturasi dalam pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan antropologi



Cabang-cabang antropologi yang berdekatan dengan pendidikan adalah antropologi biologis/fisik dan antropologi social budaya. Antropologi biologis/fisik mengungkap tentang ciri-ciri khas manusia. Menurut pandangan antropologi biologis/fisik, manusia adalah homo sapiens atau makhluk yang diberkahi ratio. Atas dasar inilah maka yang menjadi kajian dalam pendidikan adalah bahwa manusia merupakan makhluk yang mempunyai keharusan dan kemungkinan pendidikan. Terjadnya pendidikan karena adanya hubungan sesame manusia untuk mengembangkan ratio dan pertumbuhan fisiknya. Disisi lain, antropologi budaya merupakan cabang antropologi yang mepelajari tingkah laku manusia yang salah satunya mempelajari segala sesuatu dalam bidang social atau disebut sosial budaya
Contoh:
1. Seorang guru/pendidik yang telah banyak menimba ilmu, baik dari pendidikan maupun pengalaman merupakan suatu alih budaya dari generasi sebelunya. Hal ini merupakan bahan bagi pengembangan dirinya (dalam hal ini, ilmu yang ia miliki) kepada orang lain/siswa/terdidik.
2. Dalam budaya Indonesia, tentunya kita banyak mengenal jenis tari-tarian. Orang dewasa yang telah mahir/menguasai suatu tarian dan mengerti makna dari tarian tersebut, tentunya diperoleh dari generasi sebelumnya. Selanjutnya tarian tersebut akan dialihkan/diajarkan kembali pada anak-anak atau generasi berikutnya.
Hal inilah yang dimaksud dengan enkulturasi dalam pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan antropologi, yakni proses pemindahan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment